Friday, May 29, 2020

Tutorial Sederhana Menggunakan Aplikasi Zoom melalui Laptop (untuk pemula)

(1) Kalau mau mengikuti pertemuan virtual dengan tampilan yang lebih baik, maka pakailah laptop atau PC (personal computer). Boleh sih menggunakan HP Android atau Smartphone tetapi kurang memuaskan.

(2)  Pastikan Anda memiliki email aktif, karena aplikasi zoom meminta email ini, dan akan ada link yang dikirim ke email tersebut guna aktivasi akun zoom kita. Bagi yang sudah memiliki email, pastikan Anda bisa membukanya, tidak lupa passwordnya. Bagi yang belum memiliki email, buat email baru, baiknya email dengan domain google, https://gmail.com.

(3)  Setelah memastikan punya email aktif (yang dapat dibuka), maka daftarkan akun Anda di aplikasi zoom. Bukalah website zoom dengan link: https://www.zoom.us/, lalu klik SIGN UP, IT’S FREE, biasanya ada di pojok kanan atas atau sebelah kiri bawah, perhatikan lingkaran biru pada gambar berikut:

(4) For verification, please confirm your date of birth, maksudnya mengisi data kelahiran untuk keperluan verifikasi: Month (bulan lahir), Day (tgl lahir), Year (tahun lahir), baru kemudian klik “Continue

(5)  Masukkan email aktif Anda (contoh: corona@gmail.com), baru kemudian klik Sign Up

(6)  Zoom telah mengirim link ke emailmu, perhatikan contoh gambar berikut:

(7) Masuklah ke emailmu, buka pesan masuk dari Zoom (inbox) di email Anda, seperti terlihat pada gambar berikut, klik di “Activate Acoount” (Aktivasi Akun), atau di link di bawahnya.
(8)   Setelah mengklik di “Activate Account” atau link di email tersebut, maka Anda akan diarahkan ke browser website zoom untuk membuat password baru khusus untuk akun zoom Anda. Biasanya password yang diminta minimal 8 karakter (harus ada huruf besar, huruf kecil, angka), ingat selalu password-mu, sebab itulah kata kunci kalau mau masuk surga … eh maksudnya zoom (hehehehe).

(9)  Bisa masuk ke aplikasi zoom dengan menggunakan email dan password yang telah dibuat, dengan membuka website zoom tadi (https://zoom.us)

(10) Silakan klik SIGN IN (bukan lagi Sign Up ya, karena Anda sudah mendaftar), perhatikan kolom biru di pojok kanan atas pada gambar berikut.

(11) Masukkan email Anda dan password pada kolom yang telah disediakan, kemudian klik Sign In.

(12)Anda sudah masuk, sekarang bagaimana ikut pertemuan virtual dengan zoom? Mudah saja, klik JOIN A MEETING, lihat pojok kanan atas seperti di kolom biru gambar berikut.

(13)Anda akan diminta untuk memasukkan Meeting ID or Personal Link Name, biasanya terdiri dari beberapa angka. Kalau ada undangan atau informasi pertemuan melalui zoom biasanya link atau angka ini dikirim, termasuk passwordnya. Setelah memasukkan angka/link meeting ID maka klik Join

(14)Apabila muncul seperti gambar berikut, maka klik Save File, atau yang lebih sederhana klik Cancel. Ini cara yang sederhana untuk pemula, tetapi kalau mau boleh juga download aplikasi zoom untuk PC.

(15)Kalau memilih klik Cancel, maka klik di bagian bawahnya download and run Zoom, kalau muncul lagi seperti gambar di atas (nomor 14), maka klik lagi Cancel, maka akan muncul seperti gambar berikut, lalu klik join from your browser (lihat bagian bawah yang di kolom biru)

(16) Anda akan masuk ke pertemuan virtual zoom, klik Join Audio by Computer


(17)Kalau ada permintaan Allow atau Don’t Allow, silakan klik Allow, ini untuk mengizinkan/mengaktifkan suara
(18)Perhatikan fitur mengaktifkan suara dan video kita, lihat pojok kiri bawah, Mute untuk membisukan dan atau mengaktifkan suara kita, Start Video untuk mengaktifkan dan atau mematikan video kita. Posisi gambar berikut suara sudah On, tetapi video sudah Off, makanya hanya gambar keren itu yang muncul, atau bisa saja hanya nama atau inisial kita yang muncul. Kalau mau meninggalkan pertemuan, klik Leave Meeting di pojok kanan bawah.

(19) Selamat mengikuti pertemuan virtual. Jangan lupa untuk selalu berdoa, kita bisa menyaksikan Tuhan melalui aplikasi ini 😍😍😍😍

mr.oka

No comments:

Post a Comment

Apa yang ada di pikiranmu?

Allah Memperhitungkan Iman sebagai Kebenaran (Roma 4:18-25)

Rancangan khotbah Minggu, 25 Februari 2024 Disiapkan oleh: Pdt. Alokasih Gulo 18 Sebab sekalipun tidak ada dasar untuk berharap, namun Ab...