Friday, May 29, 2020

Tutorial Sederhana menggunakan Aplikasi Zoom di HP/Smartphone (untuk pemula)


(1)   Walaupun kurang memuaskan, tetapi menggunakan aplikasi zoom di HP Android atau Smartphone masih bisa dilakukan, justru lebih efektif karena bisa dengan mudah berpindah-pindah, terutama kalau harus mencari sinyal yang kuat, apalagi kalau harus naik ke atas atap rumah atau pohon untuk mendapatkan sinyal yang bagus.

(2)       Pastikan Anda memiliki email aktif, karena aplikasi zoom meminta email ini, dan akan ada link yang dikirim ke email tersebut guna aktivasi akun zoom kita. Bagi yang sudah memiliki email, pastikan Anda bisa membukanya, tidak lupa passwordnya. Bagi yang belum memiliki email, buat email baru, baiknya email dengan domain google, https://gmail.com

(3)        Silakan dulu pasang/instal aplikasi zoom yang ada di Play Store atau Google Play.

(4)      Silakan buka aplikasi zoom yang telah terpasang di perangkat Anda (HP/Smartphone), klik Sign Up untuk membuat akun zoom Anda.

(5)        Masukkan data kelahiran Anda di kotak Month/Day/Year (bulan/tanggal/tahun), lalu klik Set.

(6)      Masukkan email (mis. coronavirus@gmail.com), lalu nama pertama/first name (mis. Corona), kemudian nama akhir/last name (mis. Virus, biasanya ini marga), lalu klik Sign Up.

(7)        Aplikasi zoom dengan cepat mengirimkan link aktivasi ke email yang kita masukkan tadi

(8)      Masuklah ke emailmu, buka pesan masuk/inbox dari zoom, klik Activate Account (Aktivasi Akun), atau klik link di bawahnya (pilih salah satu saja)

(9)       Setelah mengklik di “Activate Account” atau link di email tersebut, maka Anda akan diarahkan ke browser website zoom untuk membuat password baru khusus untuk akun zoom Anda. Biasanya password yang diminta minimal 8 karakter (kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka), ingat selalu password-mu, sebab itulah kata kunci kalau mau masuk surga … eh maksudnya zoom (hehehehe). 

(10)    Buka kembali aplikasi zoom di perangkat Anda (HP/Smartphone), tetapi kali ini klik Sign In.

(11)    Masukkan email dan password zoom yang telah Anda buat tadi (lih. no. 9 di atas), lalu klik Sign In.

(12)    Anda sudah masuk, klik Join untuk ikut pertemuan virtual

(13)   Masukkan Meeting ID or Personal Link Name, biasanya terdiri dari beberapa angka. Kalau ada undangan atau informasi pertemuan melalui zoom biasanya link atau angka ini dikirim, termasuk passwordnya. Setelah memasukkan angka/link meeting ID maka klik Join Meeting.

(14)   Masukkan password pertemuan, biasanya terdiri dari kombinasi huruf (besar dan kecil) dan angka, tetapi bisa juga hanya huruf atau angka saja, tergantung host (penyelenggara), setelah itu klik Ok.

(15)     Kalau mau meninggalkan pertemuan, silakan klik Leave di pojok kanan atas.

Berdoalah selalu, manfaatkanlah media atau aplikasi ini untuk kebaikan dan kemuliaan nama Tuhan. 

mr.oka



1 comment:

Apa yang ada di pikiranmu?

Allah Memperhitungkan Iman sebagai Kebenaran (Roma 4:18-25)

Rancangan khotbah Minggu, 25 Februari 2024 Disiapkan oleh: Pdt. Alokasih Gulo 18 Sebab sekalipun tidak ada dasar untuk berharap, namun Ab...